Tuesday, November 1, 2016

Manfaat Memahami Teori Komunikasi



Komunikasi merupakan pusat dari kegiatan manusia. Dalam kesehariannya kita tidak pernah lepas dari aktivitas komunikasi. Watzlawick mengatakan bahwa manusia tidak dapat tidak berkomunikasi (Ruben: 1992).

Dengan demikian memahami atau mempelajari teori komunikasi akan membantu kita dalam melihat hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas kehidupan kita.

Teori komunikasi memberikan kemampuan kepada kita untuk mengenali hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya dalam proses komunikasi. Karena proses komunikasi itu sifatnya kompleks. Selain itu kita juga dapat melakukan kreatifitas dalam berkomunikasi.

Teori komunikasi juga dapat meningkatkan kemampuan kita sehingga akan mampu beradaptasi lebih baik dengan orang lain. Teori komunikasi merupakan cara yang dapat digunakan untuk melihat proses komunikasi keseharian dan juga dapat memberikan kemungkinan-kemungkinan yang baru untuk memperoleh hasil yang lebih baik dari komunikasi yang dilakukan.

Dalam lingkup yang lebih luas, saat ini banyak peristiwa maupun kejadian kejadian yangmenarik yang kita lihat mulai dari pemilihan gubernur, sepak terjang Presiden Republik Indonesia, Jokowi, hingga para artis yang membuat sensasi.

Semua peristiwa tersebut dapat kita lihat dari sudut pandang komunikasi. Bahkan hampir semua peristiwa tersebut merupakan fenomena dari proses komunikasi. Misalnya saja mengenai Full Day School yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru saja di lantik.

Muhadjir Effendi mencetuskan program tersebut dan mendapat tanggapan yang kontroversi di masyarakat. Jika kita menilik melalui tradisi semiotika dalam komunikasi, wacana tersebut terasa menakutkan bagi masyarakat karena dengan penggunaan istilah Full Day School, persepsi yang ada di masyarakat adalah anak sehari penuh belajar di sekolah.

Sementara dari tradisi retorika, sebagai seorang tokoh masyarakat, perlu menggunakan seni komunikasi sehingga dapat ditangkap secara baik oleh masyarakat.

Demikian pula jika dilihat dari tradisi fenomenologis, bagaimana wacana tersebut dimaknai oleh masyarakat dapat dilihat dari media massa, yaitu melalui agenda setting.

Dengan demikian, teori komunikasi dapat membantu kita untuk memahami setiap peristiwa yang ada di sekitar kita.

Public Relations memiliki peranan manajemen komunikasi perusahaan. James E. Grunig dan T. Hunt (dalam Radulescu: 2009) mendefinisikan Public Relations adalah manajemen dari komunikasi antara organisasi dengan publik.

Teori komunikasi yang ada dapat membantu untuk melakukan proses komunikasi yang sesuai dengan khalayak. Mulai dari penciptaan pesan, penggunaan media massa hingga penyelesaian masalah jika krisis terjadi di perusahaan.

Dengan demikian, teori komunikasi dapat memandu kita untuk melakukan proses komunikasi yang efektif dan juga membantu menyelesaikan masalah yang ada.

Referensi:
Ruben, Brent D. 1992. Communication and Human Behaviour. Prentice Hall.
Radulescu, Corina. 2009. “Communication Management” or Public Relations. Annals of University of Bucharest, Economic and Administrative Series, Nr. 3 (2009) 215-226.
 



1 comment:

  1. makasih mba rewindinar, saya butuh pencerahan tentang teori komunikasi.

    ReplyDelete